Selasa, 08 Maret 2016

"Inilah 8 Khasiat Surat Al Waqiah dan Berbagai Keistimewaannya "



Dalam Al Qur'an ada salah satu surat yang bernama Al Waqiah . Surat tersebut merupakan surat yang ke 56 dan terletak di juz ke _ 27 , Di dalamnya terkumpul 96 ayat _ ayat yang banyak mengandung hikmah .


Kenapa surat ini dinamakan Al Waqiah ? Ini tak lain karena diambil dari kata yang ada di ayat pertama idzaa Waqa'atil Waaqi'ah , Arti dari Al Waqi'ah sendiri dalam bahasa arab adalah "kiamat " karena memang di dalam surat tersebut banyak menceritakan tentang kejadian kiamat . Selain itu di jelaskan pula tentang penciptaan manusia dan tumbuhan serta kebangkitan manusia di akhirat .


Surat Al Waqi'ah ini menjadi bacaan favorit seorang muslim karena selain isinya yang sarat akan hikmah , surat ini juga mengandung banyak keistimewaan serta berbagai keutamaan , apa saja keutamaan tersebut ? Berikut penjelasannya .


"1_ Terhindar Dari Sikap Lalai "


Dalam sebuah riwayat hadits , Ubay bin Ka'ab berkata bahwa Rasulullah telah bersabda : "Barang siapa yang membaca surat Al Waqi'ah maka ia akan dicatat tidak tergolong pada orang orang yang lalai ".


"2 Dijauhkan Dari Kefakiran "


Rasulullah bersabda dalam sebuah hadits bahwa
"Barang siapa yang membaca surat Al Waqi'ah , ia tidak akan tertimpah kefakiran selamanya ".


"3_ Akan Mendapatkan Cinta Allah "


Dalam sebuah riwayat Imam Ja'far Ash Shodiq berkata " Barang siapa yang membaca surat Al Waqi'ah pada malam jum'at , ia akan di cintai oleh Allah dan manusia .


"4_ Mampu Melihat Sifat Penghuni Surga "


Imam Jafar Ash Shidiq berkata "Barang siapa yang merindukan surga dan sifatnya , maka bacalah surat Al Waqi'ah dan barang siapa yang ingin melihat sifat neraka maka bacalah surat As _ Sajadah ".


"5_ Akan Memiliki Wajah Seperti Cahaya Bulan Purnama Saat Berjumpa Dengan Allah "


Hal ini di jelaskan oleh Imam Muhammad Al Baqir dalam perkataannya
"Barang siapa yang membaca surat Al Waqi'ah sebelum tidur , ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama ".


"6_ Akan Dipermudah Rezeki Dan Hajatnya "


Imam Jafar berkata "Barang siapa membaca surat Al Waqi'ah di waktu pagi ketika keluar dari rumahnya untuk bekerja atau mencari kebutuhan , maka Allah ta'ala akan mempermudah rezekinya dan mendatangkan hajatnya .
Dan
Barang siapa yang membaca surat Al Waqi'ah di waktu pagi dan sore , maka.ia tidak akan kelaparan dan kehausan . Dan tidak akan takut terhadap orang yang akan memfitnah , sedangkan fitnahnya kembali ke orang itu ".( Khazinatul Asrar Kubra hal 360 )


"7_ Mengetahui Keadaan Ahli Surga "


Masruq berkata " Siapa ingin mengetahui cerita orang terdahulu dan orang yang kemudian , cerita ahli surga dan ahli neraka , penduduk dunia dan akhirat , maka bacalah surat Al Waqi'ah ".( Tafsir Jamal )


"8_ Tidak Akan Tertimpa Kemiskinan Selamanya "


Dalam sebuah kisah Abdullah bin Mas'ud pernah menderita sakit dan di tengok oleh Utsman bin Affan . Beliau pun bertanya kepada Abdullah "Apa yang kau rasakan ? Abdullah pun berkata "Dosa _ dosaku ".


Utsman kemudian bertanya lagi "Apa yang engkau inginkan ? "Abdullah kemudian menjawab "Rahmat Tuhanku ".


Utsman kemudian bertanya "Apakah mau aku datangkan dokter untukmu ? "Dengan enteng Abdullah menjawab "Dokter membuatku sakit ".


Utsman berkata "Apakah aku datangkan kepadamu pemberian ? "Abdullah pun menjawabnya "Aku tidak membutuhkannya ".


Utsman kemudian berkata "Untuk putri _ putrimu sepeninggalmu ".


Sesaat kemudian Abdullah berkata "Apakah engkau mengkhawatirkan kemiskinan pada putriku ? Sesungguhnya aku telah memerintahkan kepada mereka surat Al Waqi'ah setiap malamnya .


Sesungguhnya aku mendengar Rasulullah SAW bersabda "Barang siapa yang membaca surat Al Waqi'ah setiap malam maka dirinya tidak akan di timpa kemiskinan selama _ lamanya .


Subhanallah bagaimana kasih sayang Allah tercurah untuk hamba _ hambaNya yang mau mendalami kandungan dari berbagai surat yang ada dalam Al Qur'an dan salah satunya surat Al Waqi'ah .


Mengingat banyaknya keistimewaan dan khasiat surat Al Waqi'ah ... Maka sudah sepatutnya bagi kita kaum muslimin untuk mengistiqomahkan membaca surat tersebut dan mengamalkan apa yang terkandung di dalamnya .


http://www.saranaproperty.com/

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More